MAGIC, ONLY BASIC


“Tidak Ada Jalan Pintas Kemanapun Juga yang Pantas Dilalui.
Tidak Ada Keajaiban, Kecuali Menjalankan Hal yang Mendasar.”
~ Andrew Ho

Era globalisasi ditandai dengan mobilitas yang sangat tinggi. Pola hidup masyarakat ikut terbawa arus harus serba cepat, contoh makanan cepat saji yang kian digemari dan populer. Kini juga marak bisnis pelayanan serba ada, di mana konsumen tak perlu ke lain tempat untuk mendapatkan berbagai jenis barang atau jasa. Pola demikian dianggap selain menghemat waktu dan tenaga, tetapi yang terpenting juga lebih efisien.

Tetapi pola serba cepat dan instan tersebut tak berlaku dalam membangun kesuksesan yang berjangka panjang. Kita patut menyangsikan promosi yang menjanjikan keuntungan berkali-kali lipat dalam hitungan hari. Karena kita harus mampu dan melaksanakan hal-hal yang mendasar dengan baik terlebih dulu, sebelum dapat menciptakan kesuksesan secara bertahap dalam kecepatan cukup tinggi. Berikut ini merupakan hal-hal mendasar yang mesti kita kuasai dan terapkan dari hari ke hari.

Mengenali diri sendiri merupakan langkah mendasar untuk meraih kesuksesan. Dengan mengenali diri sendiri kita akan dapat mengukur seberapa besar kekuatan yang kita miliki untuk menghadapi tantangan dan seberapa besar kekurangan yang harus kita perbaiki. Bisa jadi kekuatan kita lebih efektif sampai 10 kali lipat dibandingkan kelemahan yang kita miliki, bila kita menggunakan semua potensi secara maksimal.

Faktor lain yang cukup mendasar lainnya adalah menentukan target. Karena target yang jelas adalah kekuatan yang mengarahkan semua tindakan kita semakin mendekati kesuksesan. Kita dapat menuliskan konsep target tersebut pada selembar kertas untuk jangka waktu pendek, menengah, dan panjang, agar kita mudah diingatkan.

Hal mendasar yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mengembangkan kemampuan khususnya di bidang usaha yang sedang kita tekuni. Kita tak mungkin menjalankan sebuah bidang usaha tertentu tanpa kemampuan di bidang tersebut. Dengan demikian kita akan menguasai kunci-kunci sukses maupun kemungkinan-kemungkinan yang dapat menghalangi atau mempercepat tercapainya tujuan kita.

Satu hal yang cukup mendasar dalam mengembangkan bisnis dan meraih kesuksesan adalah menikmati pekerjaan tersebut. Sebagaimana pepatah mengatakan, “Ketika bekerja menjadi suatu permainan, maka kita tak perlu lagi bekerja di hari yang lain. – When work meets play, we need not work another single day.” Kita tidak akan merasa letih bila pekerjaan itu sangat kita sukai, bahkan kita bekerja lebih cepat.

Kemampuan dasar selanjutnya yang harus kita kembangkan untuk mencapai kesuksesan berjangka panjang adalah kemampuan bekerjasama dengan orang lain. Kita tak mungkin menangani segala sesuatu secara detail, optimal, cepat, dan dalam jumlah besar tanpa bantuan orang lain. Upayakan sebuah sistem yang jelas dan teratur serta mudah diterapkan, sehingga kerjasama tersebut dapat membudaya dengan baik.

Kemampuan bekerjasama dengan orang lain disebut sebagai satu hal yang mendasar, karena sebagian besar orang-orang sukses di dunia ini menjadi bagian dari sebuah tim. Sebuah tim adalah solusi untuk dapat menggunakan kekuatan sekaligus kekurangan diri kita. Saya menyebutnya, “Together, everyone achieves miracles – Dalam kebersamaan semua orang meraih keajaiban.”

Untuk memastikan kita berada dalam sebuah tim yang solid dan produktif, maka kita harus meluangkan beberapa waktu untuk berkomunikasi dan mengenal tim kerja dengan baik. Komunikasi sangat dibutuhkan untuk mengetahui apakah anggota tim kita memiliki visi dan misi yang sama. Selain itu, komunikasi memungkinkan kita menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat guna menunjang perubahan dan kemajuan usaha kita. Berdasarkan fungsinya yang cukup penting, kemampuan berkomunikasi merupakan hal mendasar yang semestinya kita miliki.

Hal penting lainnya yang harus kita perhatikan untuk mencapai kesuksesan besar adalah fokus pada bidang tertentu. Jangan menjalankan beberapa bisnis sekaligus pada satu waktu yang bersamaan. Bila kita fokus pada bidang yang kita tekuni maka akan merangsang terciptanya inovasi dan kemajuan yang terus-menerus.

Beberapa hal di atas merupakan hal mendasar yang mesti kita lakukan. Mungkin pada permulaan kita tak dapat menjalankannya dengan baik. Tetapi bila kita berkomitmen menjalankan semua hal mendasar tersebut, maka seiring perjalanan waktu kita akan lebih profesional. Pastikan kita sudah menggunakan waktu menjalankan semua hal mendasar tersebut sebaik mungkin untuk meraih kesuksesan jangka panjang atau bersifat lebih permanen.[aho]

Tidak ada komentar: